Senin, 22 Desember 2014

Mesjid Ajaib di Kota Malang

Mesjid Ajaib kata sepupuku, ya... Aku sendiri belum pernah dengar, di kota Malang memang ada mesjid ajaib. Menurut masyarakat sekitar itu mesjid muncul dengan sendirinya, mumbul sendiri itu mesjid ke permukaan, jadi ajaib kan. Setelah berkeliling saya mendapatkan selebaran dari santri yang jaga parkiran, pada salah satu poin gak ada dikatakan bahwa mesjid itu ada karena dikerjakan oleh tangan-tangan santri. Jadi gak ada tuh kayak kisah Bandung Bondowoso bisa muncul dalam semalam, kemungkinan saat para santri membangun secara diam-diam warga sekitar tidak memperhatikan. Saat mesjid Ajaib mulai tampak menjulang (saat saya datang sudang 10 lantai) dengan ornamen uniknya, warga mulai kaget "perasaan gak ada sekarang kok ada mesjid... Wah ajaib iki" begitu kira-kira asal mula hebohnya...

Saat memasuki lantai demi lantai mesjid, saya dan tante yang mengantar juga sepupu saya komentarnya sama "membingungkan gak kayak mesjid". Memang sie saya lihat ornamennya saja sudah pencampuran beberapa budaya, jarang memang ornamen yang dipasang ada di mesjid-mesjid lain. Hal lain yang menbingungkan adalah ruang besar untuk umat berkumpul melakukan sholat, disini saya hanya mendapati ruang-ruang yang fungsinya hanya mereka yang tau... Kemudian di lantai tertentu ada kolam yang berisi uang logam, tampaknya ada orang melempar uang logam dan meminta permohonan... Hemmm... Saya merasa tempat ini dibangun secara acak yang tidak sengaja menjadi tempat wisata... Jika ingin datang dan sholat ingatlah agar tidak berpikir aneh-aneh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar