Senin, 12 Agustus 2013

Pantai Muara Badak

  Kali ini saya berkunjung ke pantai Muara Badak bersama beberapa teman, cukup penasaran sebenarnya tentang keindahan pantai Muara Badak. Selama ini hanya mendengar tentang pantai Muara Badak dari teman-teman lain, memang beberapa dari mereka tidak terlalu merekomendasikan pantai ini. Tapi rasa penasaran saya tetap ada dan akhirnya kesampaian juga ke pantai tersebut, hari minggu setelah lebaran dengan menggunakan mobil kami menuju pantai. Perjalanan dari kota Samarinda menuju Muara Badak ditempuh sekitar 1 jam 30 menit, kebetulan perjalanan cukup lancar saja. sesampainya di Muara Badak jalanan sebagian tidak cukup bagus, lumayan bisa penumpang bergoyang, jalanan rusak karena sering dilalui kendaraan kelas berat. 
  Di beberapa pinggiran jalan kita akan di melihat jaringan pipa gas mikik perusahaan minyak dan gas, sayang saya belum menemukan spot yang asyik buat memotret. Saat sampai di pantai Muara Badak, kesan saya adalah pantai ini tidak di kelola oleh pemerintah, padahal banyak sekali wisatawan lokal yang datang. Sampah merupakan hal biasa di pantai, ini sangat mengganggu sekali, sepertinya ini kebiasaan orang kita buang sampah sembarang. Hal lain yang menarik perhatian saya adalah pantai ini tampak seperti bekas hutan bakau yang di rusak, itu menurut penilaian saya setelah melihat beberapa pohon tumbang dan dibakar.
  Jika benar ini sungguh sangat di sayangkan sekali, saya sudah membayangkan jika benar ada hutan bakau, kita tidak perlu merusaknya tapi cukup dibuat jembatan kayu menuju arah pantai. betapa asyiknya kita jalan dijembatan sambil menikmati hutan bakau, buat fotografer tentu akan sangat menyenangkan. Apalagi Hutan bakau bisa memberikan hasil laut yang bagus seperti ikan, kepiting dan udang.
  Jangan dibandingkan pantai Muara Badak dengan pantai di daerah yang sudah dikelola dengan baik dan tetap terjaga, diharapkan ada kemauan dari pemerintah untuk mengelola pantai-pantai di daerahnya. Selain itu perlu ada kesadaran dari masyarakat agar menjaga aset yang dimiliki dengan tidak membuang sampah sembarangan, bukankah kebersihan itu sebagian dari iman. Berikut ini saya bagikan foto-foto pantai Muara Badak.

Rumah sarang burung walet di tepi pantai

Pohon Tumbang 

Bawa ban buat anak-anak berenang

Jalan-jalan dan bersantai

Sisa pohon terbakar

Air surut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar